Ragam

Gubernur Kaltim Nyatakan Menolak Pembangunan Pabrik Semen Di Gunung Karst Sekerat

SAMARINDA – Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak menyatakan menolak tegas rencana investasi pembangunan pabrik semen di gunung karst sekerat di Kaliorang Kutai Timur.

Gubernur menyatakan menolak rencana investasi pembangunan pabrik semen di Karst Kaliorang, agar tidak mengganggu ketersediaan air baku untuk air bersih di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy di Kabupaten Kutai Timur.

“Saya meminta agar Pemkab Kutai Timur menolak rencana investasi membangun pabrik semen di wilayah tersebut”kata Gubernur di Samarinda, Selasa lalu, seperti dikutip pilarkaltim.com

Menurutnya, bahan baku pabrik semen adalah batu gamping atau batu kapur yang diindikasikan akan diambil dari kawasan Gunung Sekerat yang memiliki Gua Karst. Gunung Sekerat,lanjut Gubernur, itu tidak boleh ditambang untuk bahan baku semen. Karena bagaimanapun karst di kawasan itu kita lindungi.

Dikatakannya Gubernur, investor mencoba meyakinkan dirinya bahwa eksploitasi batu kapur di kawasan Gunung Sekerat tidak akan mengganggu lingkungan maupun kondisi karst. Namun lanjut Awang, belajar dari pengalaman beberapa daerah yang telah mengeksploitasi alam untuk industri semen terlihat merusak lingkungan.

“Saya tetap bertahan walaupun mereka sudah mencoba meyakinkan untuk membangun pabrik semen di Gunung Sekerat. Kita tidak ingin kondisi alam rusak untuk kegiatan yang belum tentu memberikan imbas positif bagi masyarakat dan lingkungan,” tegas Awang.

Gubernur menolak tegas pembangunan  pabrik semen di kawasan Gunung Sekerat karena dikhawatirkan mengganggu ketersediaan air baku untuk air bersih KIPI Maloy.  Sebab, saat ini telah dilakukan kegiatan proyek pembangunan instalasi air baku dari Gunung Sekerat senilai Rp147 miliar dan pengolahan air bersih di KIPI Maloy senilai Rp175 miliar.

Kedua proyek tersebut dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaltim dengan pola multiyears contract (MYC) dan dikerjakan PT Budi Bhakti dan PT Waskita Karya.  Instalasi air baku Gunung Sekerat dialirkan melalui sistem pipanisasi ke SPAM KIPI Maloy guna mendukung ketersediaan air bersih pada industri dan masyarakat setempat. (yans/sul/es/ads/pilarkaltim).

Click to comment
To Top