Ragam

Distanak Kutim Nyatakan Sapi dan Kambing Kurban Di Penyalur Aman

Ilustrasi Sapi Kurban

WARTAKUTIM.com, SANGATTA — Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur, telah menerjunkan tim pemeriksa untuk mengecek kondisi kesehatan hewan kurban yang akan di jual kemasyarakat pada hari raya Idul Adha.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Timur, Marjoni didampingi Kabid Peternakan Diah Ratna Ningrum, mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan oleh distanak menjelang idul Adha. . Tujuan pemeriksaan tersebut untuk memastikan sapi dan kambing layak dijadikan hewan Kurban.

“Pemeriksaan dilakukan di pengepul-pengepul hewan kurban yang tersebar di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Sementara di kecamatan lainnya, diserahkan kepada tim kesehatan hewan atau PPL Pertanian yang ada di masing-masing kecamatan”.Ucapnya beberapa waktu lalu

Pengecekan tersebut dilakukan kata dia, sebelum dilakukan penyembelihan, “Apakah ada luka, cacat dan beberapa kondisi fisik lainnya yang memperlihatkan apakah hewan tersebut sehat atau terindikasi mengidap penyakit,”jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk kondisi organ dalam hewan kurban baru bisa diketahui setelah dilakukan penyembelihan di masing-masing masjid pada hari raya kurban dan 2 (dua) hari sesudahnya. Sementara kebutuhan hewan kurban khususnya sapi di Kutim dalam 5 tahun belakangan ini antara 400 ekor hingga 500 ekor sapi.

Sementara itu ditambahkan Kepala Seksi Kesehatan Hewan, dokter hewan (drH) Kurniawan, mengatakan, dari hasil pengecekan hewan kurban pada  12 pengepul dan penjual hewan kurban di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, belum ditemukan kambing dan sapi yang mengalami masalah kesehatan dan cacat.

Namun, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap selalu memperharikan kesehatan hewan yang akan di kurbankan. Masyarakat harus pandai memilih dan mengetahui hewan kurban yang sehat dan bersih untuk berkurban

 “Setelah dilakukan pengecekan pada 462 ekor sapi dan 716 ekor kambing. Dari hasil pengecekan anti mortem atau sebelum disembelih, keseluruhan hewan kurban yang dijual tersebut mendapat rekomendasi layak untuk kurban”.tutupnya (bnr)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: