Berita Pilihan

Disdukcapil Kutim Memiliki Mesin Card Reader E-KTP. Inilah kegunaan Mesin Tersebut

Mesin Card Reider Portable milik disduk capil Kutim Di pmerkan di EXPO

WARTAKUTIM.com, SANGATTA — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kutai Timur saat ini telah memiliki mesin Card Reader Portable E-KTP. Kegunaan mesin tersebut untuk mengetahui keaslian e-KTP dan mampu menampilkan data yang tersimpan dalam E-KTP pada display yang menyertainya serta melakukan verifikasi terhadap pemegangnya secara independen (standalone) tanpa terhubung dengan perangkat lain.

Kepala Disdukcapil Januar mengatakan, alat ini telah di pamerkan di Kutim EXPO 2016 di gedung graha EXPO kompleks perkantoran bukit pelangi Sangatta. Masyarakat yang berkunjung di pameran EXPO tersebut dapat langsung mengecek E-KTPnya dengan alat tersebut, petugas stand siap melayani dengan sepenuh hati dan tanpa dipungunt biaya.

“Alat ini untuk mengecek keaslian e-KTP dan mengetahui data sudah masuk dalam system atau belum masuk kedalam system. Kami sudah memiliki 2 mesin ini”Kata Januar saat ditemui digedung EXPO, Rabu kemarin.

Menurut Januar, alat tersebut baru diadakan oleh disdukcapi dan satu satunya di Kalimantan Timur. “Sudah sekitar seminggu lalu alat itu kami datangkan. Kami berharap masyarakat Kutim bisa dimanfaatkan alat itu,”pintanya.

Dia menambahkan, Bupati Kutai Timur Ismunandar dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang telah mencoba langsung mesin bernilai Rp 19 juta per unit itu saat pembukaan expo Kutim, Rabu (12/10) lalu.

Lebih jauh dia menambahkan, mesin ini sangat cocok digunakan oleh perbankan maupun dapat digunakan untuk data tamu yang berkunjung di pemkab Kutim.

“Saran saya sebaiknya perbankan di Indonesia menggunakan mesin ini termasuk kantor bupati. Jadi tidak perlu mengisi buku tamu. Tamu tinggal tukar dengan visitor,”pangkasnya. (IA)

Click to comment
To Top