Peristiwa

HUT Kutim Ke 17

Ribuan Warga Sangatta Antusias Saksikan Acara Penutupan Kutim Expo Ke 7

Acara penutupan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Kutim

Bupati Ismunandar potong tumpeng diacara penutupan Kutim expo-2016Bupati Ismunandar potong tumpeng diacara penutupan Kutim expo-2016

SANGATTA – Penutupan pameran Kutim EXPO 2016 yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kutai Timur ke 17, berlangsung sangat meriah.  Pasalnya acara penutupan tersebut yang resmi ditutup Bupati Ismunandar, Rabu (17/10) malam.

Acara penutupan tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh bupati Ismunanda yang disaksikan langsung ribuan warga sangatta yang hadir didepan panggung hiburan rakyat.

Selain diisi oleh pegelaran seni budaya dari Kalimantan Timur,  Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur, acara penutupan tersebut juga dimeriahkan dengan live musik yang menampilkan penyanyi dari ibukota, Samarinda dan Sangatta.

Salama berlangsungnya Kutim EXPO yang ke-7 tersebut menampilkan potensi berupa produk unggulan dari Kabupaten kutim dan memberikan informasi kepada publik tentang perkembangan kemajuan pembangunan daerah serta mendorong pertumbuhan dan bergeraknya ekonomi kerakyatan daerah tersebut

Bupati Kutim Ismunandar dalam sambutannya, mangaku sangat puas dengan kinerja panitia pelaksana yang mulai hingga malam penutupan kegiatan tersebut. Apalagi, antusias warga dalam mengunjungi Kutim EXPO 2016 di gedung Graha  EXPO center Bukit pelangi Sangatta, cukup besar, hal tersebut terlihat dari membludaknya jumlah pengunjung selama pelaksanaan Kutim  EXPO dari 12  S/D 17 Oktober 2016.

“Atas nama pemerintah kabupaten Kutai Timur, mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara EXPO, Kepala BPMD (Badan Penanaman Modal Daerah) dan juga kepada panitia yang sudah bahu membahu dalam menyelenggarakan kegiatan ini, termasuk seluruh aparat keaman dari Satpol PP dan kepolisian, Kegiatan ini tergolong sukses dan aman berkat kerjasama semua pihak,”ucap pria yang akrab disapa Ismu ini.

Menurutnya, pemaran Kutim EXPO 2016, memberi manfaat dalam merangsan perekomoniam masyarakat sangatta, hal itu terlihat dengan besarnya jumlah transaksi di arena EXPO yang mencapai Rp 1 milliar dalam sehari.

“Laporan dari ketua panitia tadi sungguh menyenangkan. Kalau ukuran kota Sangatta, sampai 5000 an lebih pengunjung seharinya untuk kegiatan kita (Kutim EXPO 2016-red). Apalagi kalau dihitung jumlah transaksi itu mungkin Rp 1 milliar perhari, dengan kegiatan ini memberikan tambah ekonomi untuk masyarakat,”pangkasnya.

Sebelumnya ketua panitia pelaksana Kutim Expo 2016 Darmawan menyampai lapor hasil kegaiatan . Ia menyebutkan Kutim EXPO tersebut dikunjungi setiap harinya oleh masyarakat sekitar 5000- hingga 10.000 orang.

Selain itu, dia juga mengatakan, selama hampir sepekan kegiatan pameran EXPO Kutim, jumlah perputaran uang dikegiatan tersebut mencapai rata rata sekitar Rp 1 M perhari “Adapun nilai transaksi perdagangan di kegiatan pekan Kutim EXPO selama 6 hari, sebanyak kurang lebih Rp 6 M yang terdiri dari perdaganan sector UKM, perbangkan, otomotif dan proferti,”ungkapnya.

Lebih lanjut Dermawan menambahkan, kegiatan ini di ikuti sebanyak 320 peserta yang terdiri dari SKPD, Kecamatan, kepolisian, TNI, Instansi pertikal, perbangkan, perusahaan perkebunan, perusahaan pertambangan, asosiasi profesi, perguruan tinggi dan para pelaku usaha dari UKM serta UMKM

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: