Kecamatan

Pilkades Serentak

3 Pj Kades Di Batu Ampar Ramaikan Bursa Calon Kades

Camat Batu Ampar DarmansyahCamat Batu Ampar Darmansyah

WARTAKUTIM, SANGATTA – Enam desa di Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur dipastikan akan melaksanakan Pemilihan kepala desa Serentak pada 20 Desember 2016 mendatang.

Demikian diungkapkan camat Batu Ampar Darmansyah saat ditemui wartakutim.com, di kantor sekertariat Kabupaten (Setkab) Kutim, usai menghadiri acara pelantikan sekda Kutim, Senin (14/11) kemarin.

“Ada enam desa yang akan melaksanakan pilkades serentak. Desa tersebut adalah desa tersebut adalah Desa Batu Timbau , Benua Harapan, Himba Lestari , Mawai Indah, Mugi Rahayu dan Telaga. Sudah siap melaksanakan pilkades,”tegasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, saat ini memasuki tahapan pendaftaran bakal calon Kepala desa (Kades). Berdasarkan informasi yang didapatkan dari aparat desa, sudah ada beberapa nama bakal calon yang telah masuk ke panitia pilkades.

“Pendaftaran sudah dibuka sejak 8 November 2016 dan saat ini sedang berjalan. Sudah ada beberapa yang telah mendaftar ada diantaranya dari Pj kepala desa.

Darmansyah menambahkan, tiga bakal calon kepala desa yang ikut masih menjabat sebagai Pj kades, ketiganya adalah  Mariansyah calon kades Batu Timbau, Agus Salim calon kades Benua Harapan dan Arsuni calon kades Mugi Rahayu.

“Semua Kades di Batu Ampat  dijabat Pj Kades. Ada 3 Pj Kades yang ikut mencalonkan diri dan status mereka  PNS (Pegawai Negeri Sipil). Mereka rata-rata tidak memiliki jabatan hanya golongan 2 dan hanya sebagai staff biasa di Kecamatan. Bagus mereka jadi kades”terangnya

Menurutnya, calon kepala desa yang berstatus PNS yang ikut dalam pilkades tidak wajib untuk mengundurkan diri dari PNS. Mereka hanya mengajukan surat permohonan cuti ke Bupati.

”Kalau dia jadi kades, mereka statusnya PNS tidak aktif, Setelah mereka ndak jadi kades lagi, mereka kembali aktif dari PNS dan bekerja seperti biasa. Biasanya mereka mengabdi di kecamatan,”pangkasnya (IA)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: