Wonderful Kutim

Visit Kutim

Destenasi Wisata Air Terjun Di Kecamatan Sangkulirang

Sangkulirang yang merupakan Kecamatan pesisir di Kabupaten Kutai Timur, yang terkenal akan hasil laut dan penghasil gula merah ternyata memiliki surga wisata bagi para pelancong yang hendak berpetualang mengunjungi tempat-tempat wisata yang jauh akan keramain dan mengharapkan ketenangan.

Di salah satu Desa di Kecamatan yang terletak di sebalah utara Kabupaten Kutai Timur ini ada lokasi yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata. Air Terjun Mandu Dalam, Air Terjun yang berlokasi di Desa Mandu Dalam ini memiliki panorama yang indah dan sungai dengan Air Terjun yang menarik serta kaya akan kearifan budaya lokal.

Bagaimana tidak Air Terjun yang debit airnya tidak pernah berhenti walau di terpa kemarau panjang dan yang airnya juga di manfaatkan warga Desa Sebagai kebutuhan sehari-hari ini menyimpan banyak ke indahan, tidak kalah dengan Air Terjun di tempat lain seperti penutura Halim salah satu warga Desa Mandu Dalam yang di temui saat usai berkebun pada  Jumat (02/12).

“Air di Sungai ini tidak pernah kering walau kemarau panjang dan airnya dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari.” Ujarnya.

Lokasi Air Terjun Mandu Dalam terletak agak jauh dari pusat Kecamatan Sangkulirang dengan menempuh perjalanan darat dan laut, sekitar dua jam perjalanan melawati perkebunan sawit dan dua Desa sebelumnya yakni Desa Saka dan Desa Mandu Pantai Sejahtera. Sebelum memasuki kawasan Air Terjun terlebih dahulu izin mengunjungi Kepala Desa atau Kepala Adat Suku Dayak Basap, mengingat lokasi tersebut berada jauh dari perkampungan penduduk.

Saat ini memang lokasi Air Terjun Mandu Dalam kurang diperhatikan oleh pemerintah dan akses jalan menuju lokasi Air Terjun masih jalan setapak dan sulit di lalui jika hujan turun baik menggunakan roda empat maupun roda dua, sehingga cara satu-satunya ialah dengan berjalan kaki. Padahal jika lokasi tersebut di kelola dengan baik akan menjadi destensi wisata yang menarik para wisatawan dan dapat menjadi pemasuka bagi warga Desa Mandu Dalam serta pemerintah daerah tentunya.

 (Jerri Muhammad)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: