Peristiwa

Valentino Diambil Sumpah Sebagai Wakil Ketua PN Sangatta

Proses pengambilan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Ketua PN Sangatta Tornado Edmawan, S.H, M.H


SANGATTA, wartakutim.com –
Pergantian ditingkatan pimpinan Pengadilan Negeri (PN) Sangatta berlangsung pada Kamis pagi (15/12) pagi. Bertempat di ruang Sidang Utama PN Sangatta Kabupaten Kutai Timur, acara tersebut dipimpin langsung Ketua PN Tornado Edmawan, S.H, M.H yang dihadiri oleh seluruh pejabat struktural maupun fungsional dilingkungan PN Sangatta. Hadir sebagai saksi dalam acara pelantikkan Wakil Ketua PN Vici Daniel Valentino, S.H, M.H antara lain Drs. Sinwani, Catur Prasetya, dan Abdul Majid sebagai rohaniwan.

Acara tersebut dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Mahkam Agung Republik Indonesia atas pelantikkan Wakil Ketua PN Sangatta yang dibacakan oleh Hj. Erlynda. Lantas pengambilan sumpah jabatan, penandatangan berita acara sumpah jabatan, lalu penyematan Kalung Jabatan yang dilakukan oleh Ketua PN.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Ketua PN Sangatta, V. Daniel Valentino bertugas sebagai Hakim di Pengadilan Negeri Sumber, Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Dirinya mengaku bahwa tugas barunya ini adalah untuk mendukung penuh tugas-tugas yang diterima oleh Ketua PN Sangatta dalam menjalankan roda pengadilan dan penegakkan hukum di Kabupaten Kutai Timur. “Tugas kita ialah mendampingi Ketua PN dalam menjalankan penuntasan kasus-kasus yang belum diputuskan, selain itu memberikan pelayanan pada para pencari keadilan hukum,” terang pria kelahiran Medan, Sumatera Utara tahun 1974 ini.

Wakil Ketua PN Sangatta Vici Daniel Valentino, saat hendak memasuki ruang sidang yang dijadikan lokasi pelantikkannya.

Adapun track record yang dilakukan pada ranah tugasnya, ialah melakukan program Akreditasi Penjaminan Mutu dari Dirjen BADILUM Mahkamah Agung Republik Indonesia. Yang terkait dalam audit langsung dalam proses pelayanan hukum di PN Sumber Kota Cirebon. Berupa pelayanan terhadap peradilan cepat dan berbiaya ringan, yang telah diterapkan dan berlangsung baik ditempat tugasnya terdahulu.

Adapun untuk Pengadilan Negeri Sangatta, hal tersebut akan diterapkan agar semangat pembahuran terhadap proses pelayanan hukum dapat berjalan sesuai amanah dari Mahkamah Agung RI. “Itulah program kedepan yang paling ingin kita lakukan,” ucap pria lulusan S2 di Universitas Pasundan ini. Persiapan-persiapan terkait rencana program akreditasi telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, hal ini ditambahkan dengan beberapa temuan poin oleh Tim Akreditasi yang kemudian dilakukan pembenahan dan perbaikkan agar memenuhi maksud dari Mahkamah Agung.

“Perbaikkan terus dilakukan guna menuju akreditasi yang tentu diharapkan oleh masyarakat maupun kami sebagai hakim dalam melakukan pengadilan terkait hukum pidana dan perdata yang ada di Kutai Timur,” jelas Humas PN Sangatta Andreas Pungky Maradona, S.H, M.H menambahkan.

Perlu diketahui, Wakil Ketua PN Sangatta, V. Daniel Valentino mengawali karier sebagai Hakim sebagaimana hakim-hakim muda pada masanya. Ditugaskan pertama kali di PN Maumere Nusa Tenggara Timur (NTT), lalu kemudian bertugas di PN Liwa di Lampung Barat, PN Sampang di Madura, PN Ciamis, dan di PN Sumber Cirebon sebelum kemudian ditugaskan di Kutai Timur. (NALL)

 

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: