Peristiwa

Tidak Hadir Tes TK2D Langsung Putus Kontrak

SANGATTA. Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang memastikan, Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) yang tidak hadir pada saat tes seleksi ulang yang diselengarakan pada hari ini Rabu (21/12), SK-nya tidak diperpanjang atau putus kontrak.

“Untuk TK2D yang tidak ikut tes, dinyatakan gugur. Jadi SK-nya otomatis tidak diperpanjang,” jelas Kasmidi Bulang, pada wartawan.

Seperti diketahui, Pemkab Kutim akan menyeleksi ulang TK2D di lingkunga Pemkab Kutim yang saat ini  berjumlah 5. 791 orang. Tes yang dilaksanakan dua hari ini, pelaksanaanya dibagi ke dalam 4 zona.

Menurut Kasmidi, verifikasi ulang TK2D ini dilakukan untuk mencari orang yang siap bekerja, seperti yang kategorinya rajin dan siap ditempatkan dimana saja. Selain itu, langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk langkah tegas dari pemerintah dalam memverivikasi ulang TK2D yang malas.

“Itu dilakukan untuk mewujudkan tata kelolah pemerintahan yang baik di lingkungan pemerintahan Kabupaten Kutai Timur,” jelasnya.

Terkait target yang akan digugurkan dalam tes seleksi tersebut, Kasmidi bulang mengatakan, belum bisa menjawab. “Pokoknya adalah lah, dengan pertimbangan malas dan tidak layak bekerja,” jelasnya.

Tidak hanya itu, faktor usia juga mempengaruhi, kecuali ada kebijakan dari pengabdianya, seperti pengawas sekolah yang ada daerah tersebut.

“selain kriteria umum, mungkin ada kebijakan. Kita kan mau mencari orang yang produktif, kalau dia tidak produktif ngapian dipertahankan,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Zainuddin Aspan mengatakan, dalam tes seleksi ulang TK2d tersebut akan dibagi empat zona, zona 1 meliputi kecamatan sangatta utara, bengalon, rantau pulung, teluk pandan dan sangatta selatan dengan jumlah TK2D yang akan di tes sebanyak 4, 618 orang. Sedangkan zona 2 meliputi kecamatan kaliorang, kaubun, karangan, sangkulirang dan sandaran, dengan jumlah TK2D sebanyak 400 orang.

Sementara zona 3, lanjut dia, meliputi kecamatan tellen, wahau, batu ampar dan kongbeng dengan jumah 315 orang. Dan  zona 4 meliputi kecamatan muara bengkal, long mesangat, muara ancalong dan busang dengan jumlah 338 orang yang akan di tes.

“Pembagian zona itu dilakukan, supaya tidak terjadi penumpukan didalam tes seleksi ulang tersebut, ” katanya. (ima)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: