Ekonomi

Awal Tahun, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Mengalami Kenaikan

Ilustrasi [foto ; google]

SANGATTA – Lonjakan harga kebutuhan pokok memasuki awal tahun 2017  seperti sudah menjadi rutinitas yang tak bisa terhindarkan. Hampir seluruh pangan mengalami kenaikan harga.

Berdasarkan pantauan wartakutim.com di pasar induk sangatta, harga cabe rawit mengalami kenaikan harga sebesar Rp 25 ribu. Dari harga Rp 100 ribu perkilogram menjadi Rp 125 ribu perkilogram.

Sementara untuk lombok tiung Rp65 ribu hingga Rp80 ribu perkilo, ayam Rp47 ribu hingga Rp50 ribu perkilo, ikan bandeng Rp30 ribu hingga Rp35 ribu perkilo, telur Rp47ribu hingga Rp50 ribu perpiring, bawang Rp45 ribu perkilo dan gula Rp18 ribu perkilo.

Kasi Monitoring dan Informasi Pasar, Siti Rohani mengakui kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok di beberapa pedagang pasar induk Sangatta. “Memang mengalami kenaikan pasca tahun baru 2017 ini. Hal ini mulai naik secara bertahap sejak natal dan tahun baru

Namun, Pihaknya tidak mengtahui pasti kenaikan  tersebut. Ia menduga,kenaikan harga pasar hingga saat ini masih  dampak dari perayaan natal dan tahun baru 2017. Karena, harga pasar sudah mulai naik sebelum natal dan tahun baru berlalu.

“Analisis awal kita ialah masih pengaruh natal dan tahun baru. Kemungkinan besar lainnya, karena musim penghujan dan banjir dan tentunya, karena berjalannya mekanisme pasar. Jika mekanisme pasar bermain, maka tidak bisa diapakan. Kecuali, barang tersebut disubsidi oleh pemerintah,”katanya.

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: