Regional

Pilkades Serentak

Pelantikan Kades Terpilih Dijadwakan Paling Cepat Februari 2017

Wakil Ketua II panitia pemilihan kepala desa tingkat Kabupaten Kutai Timur Suko Buono

WARTAKUTIM.COM, SANGATTA – Wakil Ketua II panitia pemilihan kepala desa tingkat Kabupaten Kutai Timur Suko Buono mengatakan, pelantikan 78 kepala desa (Kades) terpilih di perkirakan akan dilaksanakan paling cepat sekitar pertengahan bulan Februari 2017 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Suko saat ditemui Wartakutim.com di kantor Sekertariat Pemkab Kutai Timur, Selasa (10/1/2017) siang.”kemungkinan pelantikan kades akan dilaksanakan paling cepat Februari 2017,”katanya.

Dia memambahkan, berdasarkan Perbup (peraturan Bupati) No 16 tahun 2016, bahwa pelaksanaan pelantikan kepala desa terpilih baru bisa dilaksanakan setelah adanya laporan dari panitia pemilihan kepala desa tingkat desa ke BPD (Badan Pemusyawaratan Desa) paling lambat selama 7 hari, kemudian BPD ke menyerahkan Bupati Kutim juga paling lambat 7 hari.

“Seterimanya BPD menerima laporan dari panitia pemilihan kepala desa tingkat desa akan dilanjutkan ke bupati paling lambat 7 hari. Laporan ke bupati akan di terima camat setempat,”terangnya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, setelah menerima laporan dari BPD, bupati Kutim akan segera meng-SK kan kepala desa terpilih paling lambat satu bulan. “Setelah SK dikeluarkan, barulah bupati akan mengeluarkan surat keputusan untuk melantik kepala desa terpilih,”ungkapnya.

“Jadi batas maksimalnyanya untuk melaksanakan pelantikan kepala desa terpilih, 7 hari tambah 7 hari tambah sebulan tambah sebulan lagi, jadi totalnya dibutuhkan waktu 74 hari pelantikan kepala desa,”tambahnya.

Namun, Lanjut dia, kemungkinan 72 hari bisa saja jadwalnya mengalami perubahan. “tidak menutup kemungkinan waktunya bisa lebih pendek dari jadwal yang ada. Ini melihat kondisi-kondisi yang memungkinkan untuk melantik kades terpilih”katanya.

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: