Hukum Dan Kriminal

Warta Kecamatan

Pencuri Besi Pembatas Jalan Diamankan Polsek Rantau Pulung

ilustrasi (Sumber Ft : Google)

WARTAKUTIM.COM, SANGATTA  – Jajaran Polisi Sektor (Polsek) Rantau Pulung Polres Kutai Timur, berhasil menangkap seorang pelaku pencurian berinisial Ar (38) tahun, warga Jalan Karang Rejo RT 01 Kota Tarakan, Kaltara.

Meski AR sudah bekerja sebagai kurir pengantar kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) lintas provinsi. Namun, Ia tetap nekat mencuri rel besi pagar pengaman jalan (Guardrail) di Km 09 Jalan Poros Rantau Pulung-Sangatta. Akibatnya, pelaku terpaksa harus berurusan dengan unit Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Sektor (Polsek) Rantau Pulung.

Kapolsek Rantau Pulung Iptu Arifin didampingi Kanit Reksrim Aiptu Budi Maslang saat dihubungi media ini mengatakan, terungkapnya kasus ini bermula dari dari informasi masyarakat pada Kamis (9/2) sekira pukul 23.20 Wita bahwa ada orang kegiatan mencurigakan di Km 9 yang diduga melakukan pencurian terhadap guardrail.

Dijelaskan, Polisi pun melakukan pengintaian di lokasi tersebut dan mendapati sebuah truk membuang beberapa beli yang diduga guardrail, namun saat polisi mendakat sang pengemudi langsung naik ke kabin kemudi dan kabur menjauhi petugas.

Setelah itu, lanjut dia, Ar tidur dan baru bangun sekira pukul 17.00 Wita. Karena merasa sepi, muncul niat  untuk mencuri besi pembatas  tersebut. Dengan menggunakan kunci pipa dan kunci sock yang dibawanya, besi tersebut dilepasnya secara perlahan. Proses pembongkaran sendiri dimulai sekira pukul 18.00 Wita hingga malam.

“Truk yang dipakai merupakan sewaan milik warga Tarakan. Sedangkan menurut pengakuan hasil curian akan dijual ke toko besi tua di sepanjang jalan pulang,” ucapnya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, pelaku sempat melarikan diri saat hendak diringkus. Tetapi, Polisi melakukan pengejaran hingga beberapa kilometer dan akhirnya mengamankan pelaku.

Setelah diinterogasi akhirnya Ar mengaku bahwa di habis mencuri rel pembatas jalan. Namun karena melihat kendaraan yang mencurigakan yang ternyata kendaraan anggota Polsek Rantau Pulung, dia pun mencoba membuang barang bukti tersebut tetapi masih ada beberapa batang yang tertinggal di bak truknya.

Sementara itu kontraktor selaku pemilik guardrail juga sudah melaporkan perihal kehilangan ini. Dari hasil perhitungan kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta. Akibat perbuatannya, Ar pun terancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di paling lama tujuh tahun. (wal)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: