Peristiwa

IPA Kudungga Sangatta Diresmikan

Kolaborasi KPC Dengan PemKab Kutim

Bupati Ismunandar didampingi wabup Kasmidi Bulang Meresmikan IPA Kudungga di Jalan Soekarno Hatta tepatnya disamping Stadion Kudungga Sangatta

WARTAKUTIM.COM, SANGATTA – Dengan perasaan gembira dan penuh kebanggaan, satu lagi proyek kolaborasi antara PT Kaltim Prima Coal (KPC) dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah dirampungkan. Kolaborasi terjalin dimana pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Jalan Soekarno-Hatta, Sangatta Utara, dibangun oleh pihak Pemerintah Kabupaten Kutim dan KPC membantu ketersediaan air bakunya.

Peresmian dilakukan oleh Bupati Kutai Timur Ismunandar, Jumat (17/2), bertepatan dengan ulang tahun pertama pelantikan dirinya sebagai bupati. Mengenakan pakaian putih seperti saat pelantikan, Ismunandar hadir bersama Wakil Bupati Kasmidi Bulang, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan manajemen KPC.

 “Kami mengenakan pakaian putih lengkap, sebab hari ini adalah genap satu tahun kami dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati. Penyediaan air bersih ini salah satu janji kami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Insya Allah, terwujud berkat kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan KPC,” kata Ismunandar dalam sambutannya di IPA Kudungga, Jalan Soekarno-Hatta.

 Ismunandar mengatakan, pembangunan IPA dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama ini berkekuatan 50 liter per detik dan akan disusul berikutnya dengan kekuatan 50 liter per detik lagi. “Untuk tahap pertama ini, kita fokuskan dulu untuk warga masyarakat di Kampung Tator, Jalan Dayung dan jalan Soekarno-Hatta. Sementara untuk kantor pemerintahan di Bukit Pelangi, nanti belakangan setelah tahap kedua direalisasikan. Kita utamakan kebutuhan masyarakat dulu,” kata Ismunandar.

 Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kutai Timur Aswandini Eka Tirta mengatakan, pembangunan IPA Kudungga dilakukan pada tahun 2016  lalu. Ia memastikan, pemerintah telah mengalokasikan lagi anggaran untuk membangun tahap kedua berkekuatan 50 liter per detik, pada tahun 2017 ini.

 Dirut PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni mengatakan, IPA Kudungga ini menyumbang 18 persen dari target pemenuhan sambungan air di Kota Sangatta. “Misi PDAM adalah harus melayani 80 persen masyarakat daerah perkotaan. Saat ini barus terlayani 62% dan semoga 18% lainnya bisa dicapai dengan adanya IPA Kudungga,” kata Mawar.

 Chief Operating Officer (COO) KPC Muhammad Rudy menyatakan kegembiraannya, bisa ikut andil dalam program air bersih di Kota Sangatta. Rudy meyakini, ketersediaan air bersih bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Selamat atas peresmian IPA Kudungga ini. Kami sangat gembira bisa ikut andil mendukung pemerintah daerah dalam rangka memenuhi kebutuhan air,” kata Rudy.

 “Melihat jumlah masyarakat yang bisa terlayani antara 4000-5000 pelanggan baru, ini benar-benar menggembirakan buat KPC, karena dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Insya Allah, kami akan selalu siap mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tutup Rudy dalam sambutan acara peresmian IPA Kudungga tersebut.

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: