Berita Pilihan

Pengelolaan Pantai Sekerat. Dispar Tunggu Perda Disahkan

WARTAKUTIM.COM, SANGATTA –  Dinas Pariwisata Kutai Timur, masih menunggu peraturan daerah (Perda) untuk mengelolah tempat wisata yang ada diwilayah tersebut.  Khususnya pengelolaan tempat wisata pantai pantai, seperti pantai sekerat di kecamatan Bengalon.

“Pengelolaan Pantai Sekerat masih dalam tahap menunggu pengesahan perda untuk pengelolaan dari DPRD Kutim,” ujar Dwi Susilanto, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Senin (20/2).

Hanya saja, lanjut Dwi, pengelolaan pantai ini kini masih terganjal pengesahan perda oleh DPRD Kutim. Sehingga pemkab Kutim belum dapat mengelolah tempat tersebut.

Dengan adanya perda kata Ia, Dispar Kutim bisa memiliki dasar hukum untuk pengelolaan sehingga nantinya mereka bisa lebih megnembangkan obyek wisata terkait termasuk pada pemeliharaannya. Adanya perda itu juga nantinya Dispar mengetahui seberapa besar Pantai Sekerat bisa menarik wisatawan.

“Dengan adanya perda nanti, kita bisa membuat seperti tiket atau karcis retribusi yang akan kita koordinasikan dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Dari karcis retribusi itulah nantinya kita ketahui seberapa besar obyek wisata tersebut menarik wisatawan dan sekaligus bisa mendapat dana untuk pemeliharaannya,” jelasnya.

Sampai saat ini dia mengakui bahwa pengelolaan Pantai Sekerat ini baru sebatas pembangunan fasilitas seperti gazebo. Kedepannya dia dan instansi terkait lainnya ingin melengkapi pembangunan fasilitas yang lebih lengkap (wal)

Click to comment
To Top