Ragam

Warta Perusahaan

51 Orang Dipulihkan Dalam Operasi Katarak KPC

Sudah Disembuhkan 508 Orang

WARTAKUTIM.COM, BENGALON – PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali menggelar kegiatan bhakti sosial operasi katarak untuk masyarakat Kutai Timur, Sabtu (25/2) lalu. Kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Sepaso, Bengalon itu, berhasil menyembuhkan 51 orang pasien dari Kutai Timur.

Dengan demikian, hingga saat ini sejak tahun 2003 silam, KPC telah menggelar 14 kali kegiatan operasi katarak gratis dan berhasil memulishkan 508 orang pasien. “Program ini berhasil menyembuhkan 508 orang dari Kutai Timur. Mereka telah menjadi produktif lagi karena terbebas dari kebutaan karena katarak dan pteregium,” kata Manager Bengalon Community Relation and Development (BCRD) Syahruldin.

Syahruldin lebih lanjut mengatakan, kegiatan operasi katarak merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) KPC,  yang bertujuan meningkatkan produktivitas masyarakat. “Melalui kegiatan ini, kami harap bisa memulihkan kembali penglihatan para penderita katarak, sehingga mereka bisa bekerja dan dapat beraktifitas normal lagi,” kata Syahruldin.

Suci Ambono (55 tahun), warga Rawa Indah, Bengalon menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan operasi gratis tersebut. “Saya merasa bersyukur adanya operasi gratis ini. Semoga setelah operasi bisa bekerja kembali,” ujar Ambono.

Ambono adalah seorang tukang las di bengkel mobil di Bengalon. Selama ini, pekerjaanya terganggu dan kurang maksimal karena kondisi matanya yang buta. “Saya bekerja di bengkel mobil bagian las. Selama ini kurang maksimal karena hanya melihat menggunakan satu mata. Makanya saya bersyukur ada operasi ini. Terima kasih kepada KPC dan para dokter,” ujar Ambono.

Hal senada disampaikan Subu Daeng Tallo, warga Km 10, Kecamatan Bengalon. Sebagai petani, selama ini Subu merasa kurang maksimal karena kondisi matanya yang buta. “Saya dapat informasi dari anak saya dan saya langsung mendapaftar. Selama ini saya tidak bisa membaca dan bekerja normal. Semoga nanti setelah operasi ini, saya bisa bekerja lagi,” ujarnya.

Kegiatan operasi katarak berjalan sukses, tidak terlepas dari peran mitra kerjasama KPC antara lain Badan Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat (BKMOM) Samarinda, Dinas Kesehatan Kutai Timur, Puskesmas Sepaso dan Pemerintah Kecamatan Bengalon.

Sekretaris Camat Bengalon Ernawati mengatakan, kegiatan operasi katarak yang dipusatkan di Bengalon, sungguh membantu warganya yang mengalami kebutaan karena katarak dan pteregium. Apalagi menurut Ernawati, saat ini Pemerintah kekurangan dana untuk menggelar kegiatan dalam bidang kesehatan masyarakat.

“Kami apresiasi kegiatan yang digelar KPC ini. Apalagi memang secara nasional anggaran pemerintah mengalami deficit. Jadi kegiatan ini sangat membantu masyaakat kami,” ujar Ernawati saat acara pembukaan di Puskesmas Sepaso, Bengalon.

Ernawati lebih lanjut mengatakan, selama ini KPC sering membantu masyarakat dalam berbagai bidang. “Kami menyaksikan bahwa selama ini KPC selalu membantu masyarakat Bengalon. Tidak hanya pada bidang kesehatan, tetapi juga pada bidang-bidang yang lain. Kami merasakan keberaan KPC di Bengalon,” katanya.(*)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: