Warta Parlementeria

Kunjungan Kerja DPRD Kukar

Legislator : Pemkab Kukar Harus Belajar Ke Kutim

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kutai Kartanegara Jumarin Tripada, SH

WARTAKUTIM.COM, SANGATTA – Wakil Ketua Komisi A DPRD Kutai Kartanegara Jumarin Tripada, SH mengakui kemampuan sekaligus kesuksesan Kutim, dalam hal pemekaran. Baik Kabupaten, Kecamatan, apalagi desa.

Hal tersebut diungkapkan langsung politisi partai Gerindra Kukar tersebut dalam kunjungannya bersama anggota komisi I DPRD Kukar kekutim dalam , kamis kemarin.

“Dari sekian banyaknya kabupaten dan kota di Kaltim yang dinilai kepala pemerintahannya tetap berkomitmen dan konsisten dalam proses pemekaran wilayah, hanya Kutai Timur,”katanya.

Ia menilai Pemkab Kutim tidak hanya melakukan pemekaran  kecamatan, desa serta kelurahan. Pemkab Kutim juga berinisiatif melakukan pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Kutai Utara (Kutara)

”Karenanya, wajar jika kami menganggap bahwa Pemerintah Kukar perlu belajar kepada Pemkab Kutim  dalam menjaga semangat mensejakterakan masyarakat dan memajukan sebuah daerah, dengan legowo memekarkan wilayah yang sudah ada,” katanya

Sementara itu, Sekkab Kutim, Irawansyah mengatakan bahwa Pemkab Kutim mengapresiasi kedatangan DPRD Kukar ke Kutim ai Timur terkait memperdalam informasi proses pemekaran wilayah yang sudah dilaksanakan Kutim. Karena menurutnya, sebuah proses pemekaran wilayah bukanlah merupakan upaya memisahkan atau membuang sebuah daerah, akan tetapi lebih kepada upaya memberi kesempatan daerah dan masyarakat untuk berkembang menuju kesejahteraan.

Terkait proses penyelesaikan tapal batas wilayah antara Kutim dan Kukar di Kecamatan Muara Ancalong, Irawansyah mengatakan bahwa permasalahan tapal batas wilayah tersebut telah clear di tingkat Pemprov Kaltim. “Tinggal sedikit melakuakn perbaikan terkait titik kordinat kordinat dan nama desa yang sedikir berbeda. Saat ini proses tersebut sudah berproses di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan tinggal menunggu penetapan menjadi Peraturan Menteri (Permen),” katanya (IA)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: