Ragam

Ratusan Siswa SMKN Numpang UNBK di SMA Negeri 1

ilustrasi (Sumber Ft : Google)

WARTAKUTIM.COM, SANGATTA – Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Kutim, Senin (3/4/2017) mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan serentak untuk SMK se Indonesia .

Dalam pelaksanaan UNBK tingkat SMK yang digelar selama 4 (empat) hari kedepan atau hingga hari Kamis (6/4) mendatang, peserta dibagi dalam 3 (tiga) sesi waktu pelaksanaan. Yakni sesi pertama dimulai pukul 07.30 wita hingga 09.30 wita, sesi kedua dimulai pukul 10.30 wita hingga 13.00 wita dan sesi ketiga atau terakhir dimulai pukul 14.00 hingga 16.00 wita.

Namun, Dari 8 SMK yang ada di Kutai Timur, 7 SMK mengadakan UNBK di laboratorium komputer milik SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Seperti halnya dengan SMK Negeri II Sangatta Utara. Meskipun memiliki gedung mewah berlantai II, namun  SMK Negeri II, belum memiliki fasilitas internet bahkan listrik.

Karena itu, Sebanyak 255 orang siswa kelas 12 dari delapan jurusan yang ada di yang terletak di Jalan Pendidikan  itu, mengikuti pelaksanaan UNBK, menumpang di laboratorium komputer milik SMA Negeri 1 Sangatta Utara.

Benny Moro, selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurilukum dan juga sekaligus penanggung jawab pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Sangatta Utara, mengatakan bahwa langkah meminjam 3 ruang Lab Komputer milik SMA Negeri 1 Sangatta ini harus dilakukan agar siswa kelas 12 di SMKN 2 Sangatta bisa mengikuti UNBK yang dilaksanakan secara online. “karena memang di lingkungan sekolah SMK 2, belum memiliki jaringan listrik dan fasilitas internet,” katanya.

Diakui, selama ini untuk menunjang proses belajar-mengajar hanya dibantu menggunakan mesin generator set (Genset).  Dalam pelaksaan hari pertama ujian, kondisi jaringan dan listrik masih lancar dan tidak ada kendala. “Saya berharap selama pelaksaan UNBK ini tidak ada kendala dan halangan berarti,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Sangatta Utara, Taufik Hidayat mengatakan bahwa walaupun hasil UNBK kali ini tidak mempengaruhi kelulusan siswa, namun dirinya tetap berharap seluruh siswanya bisa mendapatkan nilai memuaskan dan di atas rata-rata. “Harapan  kami sesuai dengan hasil uji coba materi yang pernah dilakukan kepada siswanya sebanyak 2 kali sebelum UNBK dilaksanakan, hasilnya bagus. Kami berharap hasil ini bisa dipertahankan,” katanya (**)

Click to comment
To Top
%d blogger menyukai ini: