Ragam

Primavaganza Hadirkan Atraksi Seni SD YPPSB 3

Kasi Kurikulim SD Moh. Syaiful Imron (dua dari kanan) didampingi Manajer Pendidikan YPPSB Wariadi (kiri) meninjau pameran karya siswa SD YPPSB 3 pada acara Primavaganza, Jumat (21/4).

Memperingati Hari Kartini, Hari Pendidikan dan Hari Bumi

Sangatta, SD YPPSB 3, Jumat (21/4), sukses menggelar Apresiasi Karya Seni dalam rangka memperingati Hari Kartini, Hari Bumi dan Hari Pendidikan. Mengambil tempat di lapangan upacara SD YPPSB 3, Primavaganza kali ini menampikan tarian, nyanyian, dance, vocal grup, drama hingga pantomin. Selain itu terdapat bazar oleh Komite Sekolah SD YPPSB 3.

Turut hadir pada acara tersebut adalah Dinas Pendidikan Kutai Timur yang diwakili Kepala Seksi Kurikulum SD, Moh. Syaiful Imron, S.Pd, M.Si, Manajer Pendidikan YPPSB Drs. H. Wariadi, M.Pd, para kepala sekolah di lingkungan YPPSB, para undangan dari sekolah-sekolah sekitar dan juga orangtua siswa.

Kepala SD YPPSB 3, Marsono S.Pd mengatakan, Primavaganza yang merupakan gelar apresiasi karya siswa, adalah kegiatan tahunan di SD YPPSB 3. Saat ini telah melakukan 10 kali yang dimulai pada tahun 2007. Bentuk kegitan menampilkan minat, bakat, dan karya non akademik pada siswa. Sementara hasil karya akademik akan dipamerkan dan disampaikan pada acara wisuda.

“Untuk itu, berdasarkan evaluasi dan jadwal kepadatan pada semester 2, insya Allah mulai tahun depan Primavaganza akan kita adakan pada semester 1,” ujar Marsono.

Khusus mengenang Kartini, Marsono dalam sambutannya berpesan agar kita dapat melanjutkan cita-cita Ibu Kartini untuk memajukan pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan kaum wanita. Peserta didik SD YPPSB 3 harus belajar lebih giat lagi, agar tidak hanya pandai dalam urusan wanita saja tapi dapat bersaing dengan kaum pria.

Sementara Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, yang diwakili Kasi kurikulum SD, Moh Syaiful Imron, S.Pd., M.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa dinas pendidikan sangat mendukung setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah, salah satunya yang dilakukan SD YPPSB 3 seperti pada kegiatan hari ini.

“Beberapa hari yang lalu, ketika saya menjadi juri lomba guru prestasi, salah seorang guru SD YPPSB 3 dalam presentasi karya tulisnya meneliti tentang multiple intellegence. Bagi saya, sangat tepat bila dikaitkan dengan kegiatan semacam ini,” jelasnya.

“Dalam mengeksplor kecerdasan masing-masing siswa, anak anak dieksplore kemampuan kecerdasan, linguistik, dan lainnya. Kemampuan linguistik misalnya, peserta didik mampu memgorganiskan suara sehingga menjadi Indah,” lanjut Imron.

“Demikian kegiatan SD YPPSB 3 berbagi, hal ini dapat menumbuhkan kepedulian, tanggung jawab untuk masa akan datang”, tutup Imron.

Pada kegiatan tersebut ditampilkan beberapa penampilan kelompok seni tari, seni vokal, pantomim, dan modern dance. Disamping itu pula, dipamerkan pameran pendidikan hasil karya peserta didik guru, dan wali murid. Selain itu, perwakilan siswa kelas 6 juga mengedarkan kotak SD YPPSB 3 berbagi.(Sismanto)

Click to comment
To Top