Ragam

APDESI Kutim Inginkan Kades Berkonstribusi Untuk Pengadaan Sekretariat

WARTAKUTIM.COM, SANGATTA – Ketua Asosisasi Pemerintahan Desa Indonesia (APDESI) kabupaten Kutai Timur (Kutim) Khoirul Anan berharap anggotanya yang terdiri dari 139 desa berkonstribusi untuk organisasi yang Ia pimpin saat ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung kepala desa tepian Makmur kecamatan Rantau Pulung ini, saat ditemui wartakutim.com, belum lama ini.

“Saya akan mengusulkan dalam pertemuan nanti, agar APDESI ini bisa dibiayai dari dana ADD (Alokasi Dana Desa). Yang penting usulan ini di dalam Perbup (Peraturan Bupati), agar ini tidak dikatakan pungli”ungkap dia

Lebih lanjut Ia menambahkan, konstribusi yang diinginkan adalah dalam bentuk bantuan dana dari pihak desa kepada APDESI Kutim yang nilainya bisa ditetapkan dalam perbup tersebut.

“Memberikan konstribusinyat tidak banyak, cukup satu SPPD desa atau sekitar 1,5 juta rupiah pertahun. Ini sangat membantu keberadaan APDESI ini,”terangnya.

Dikatakan, dengan bantuan tersebut dapat mendanai kegiatan-kegiatan APDESI dan juga untuk pengadaan kantor sekretariat APDESI kutim. “dana itu bisa kita manfaatkan untuk sewa sekretariat, kunjungan ke masing-masing desa dan masih banyak kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan dengan dana itu,”katanya.

Terkait dengan kantor kesektrariatan APDESI Kutim, kades desa Tepian Makmur ini mengatakan, sekretariat tersebut bisa dijadikan tempat pertemuan dan juga tempat menginap untuk kades yang berkunjung ke ibukota kabupaten.

“Jadi kalau mereka (Kades) ke Sangatta untuk urusan dengan Pemkab atau urusan lainnya, mereka tidak perlu lagi menyewa hotel atau penginapan, cukup di sekretariat saja dan ini bisa menekan biaya,”tuturnya.

“ini salah satu yang akan perjuangan dalam pertemuan dengan kepala desa se-Kutim bersama bupati , wakil bupati dan pimpinan DPRD Kutim,”pangkasnya (IA)

Click to comment
To Top